MANFAAT CINCAU DARI PANAS DALAM HINGGA KANKER

daun cincau

Menikmati segelas es cincau tentu sangat menyegarkan. Apalagi jika di minum saat siang hari yang terik. Selain segar, minuman ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kita mengenal dua jenis cincau, yaitu cincau hijau yang terbuat dari tanaman Cyclea barbata dan cincau hitam dari tanaman Mesona palustris atau cincau perdu Premna serratifolia. Cincau hijau adalah tanaman perdu yang tumbu merambat (lihat foto). Sedangkan cincau hitam biasanya berupa tanaman perdu.

Anda kadang suka bertanya-tanya, ko daun bisa dibuat menjadi gel/seperti agar-agar?. Untuk menghasilkan gelatin/gel dari daun cincau, diawali dengan memetik daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun ini kemudian diremas-remas dalam air matang. Perbandinganya sekitar 1 liter air untuk 2 genggam daun cincau. Air remasan kemudian di saring dan diendapkan selama satu malam. Paginya, air ini sudah akan mengental dan membentuki gel. Gel inilah yang kita kenal dengan cincau.

Manfaat Terkandung

Cincau sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Bahan ini sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat. Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare. Sedangkan serat bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.
Daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut Nutrisi Terkandung dalam 100 g Cincau

Energi: 122 kkal
Protein: 6 g
Lemak 1 g
Karbohidrat 26 g
Kalsium 100 mg
Fosfor 100 mg
Zat besi 3.3 mg
Vitamin A 10.750 SI
Vitamin B1 80 mh
Vitamin C 17 mg
Serat Makanan 6.23 g
Sumber: DKBM, 1999

Penulis & Foto: Budi Sutomo
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke MANFAAT CINCAU DARI PANAS DALAM HINGGA KANKER

  1. edy suharyono berkata:

    Menarik sekali infonya, yang ternyata tidak sedikit manfaat cingcau bagi kesehatan. Akan sangat menarik bila dilengkapi artikel pembudidayaannya, khususnya cingcau hijau. Semoga! Trims

  2. rera berkata:

    selain nikmat banyak sekali manfaat cincau, ang paling hebat bermanfaat melawan kangker.
    selamat ya cincau..

  3. dalina berkata:

    mengenai cincsu dah lama aku budidayakan dan siapa aja yang mau petik silahkan. kalaupun mau tanam juga kuberikan cuma2. saya punya 3 jenis yang berdaun kecil. rasanya enak tanpa terasa bau daun. hampir 2 kali seminggu aku buat cincau yang kupetik dari pot. terasa nikad bila diminum diwaktu panas bersama sirup ditabah dg es. aah…. nikmat dan segaaaaar.

    • Poni berkata:

      mohon infonya dong bu, saya kebetulan sangat suka cincau apalagi yang hitam. Dulu waktu saya tinggal di Yogya suka sekali beli. Tapi sekarang di Balikpapan, jadi susah carinya, ada juga yang hitam, itupun saya lebih suka yang instan karena saya ga tahu cara buatnya, apa betul buat cincau hitam itu banyak sekali campurannya? mohon infonya ke email saya ya klo ga keberatan. Terima kasih

  4. Poni berkata:

    mohon infonya dong bu, saya kebetulan sangat suka cincau apalagi yang hijau, komen yang di atas tadi saya ralat.Dulu waktu saya tinggal di Yogya suka sekali beli. Tapi sekarang di Balikpapan, jadi susah carinya, ada juga yang hitam, itupun saya lebih suka yang instan karena saya ga tahu cara buatnya, apa betul buat cincau hitam itu banyak sekali campurannya? mohon infonya ke email saya ya klo ga keberatan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s