Cincau Hitam Cocok untuk Pelangsing

Budi Sugiarto Widjaja

Selain berperan sebagai dessert, cincau hitam juga  bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat tersebut terkait erat dengan kandungan serat larut air (soluble dietary fiber) yang terdapat di dalamnya. Di dalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak/kolesterol, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Di Cina dan Taiwan, cincau hitam sangat populer untuk digunakan sebagai obat penurun tekanan darah dan obat diuretik. Di Korea Selatan, cincau hitam yang dicampur dengan rempah-rempah telah dipasarkan sebagai makanan kesehatan.

Penelitian Yen dkk. (2000) menunjukkan bahwa komponen aktif polifenol yang terdapat pada cincau hitam mampu mencegah kerusakan DNA pada limfosit manusia yang terpapar radikal bebas berupa hidrogen peroksida dan iradiasi sinar UV. Keyakinan tersebut diperkuat kembali oleh hasil penelitan Lai dkk (2001) serta Huang dan Yen (2002) yang menunjukkan bahwa ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang kuat akibat adanya senyawa-senyawa fenol.

Pada konsentrasi yang sama, yaitu 50 mg/ml, diketahui bahwa ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat dibandingkan alfatokoferol (vitamin E), yaitu masing-masing sebesar 98,9 persen dan 78 persen. Selama ini kita telah mengenal vitamin E sebagai antioksidan yang cukup ampuh. Tanpa disangka, ternyata ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang jauh lebih kuat dari vitamin E. Data tersebut tentu saja sangat menggembirakan bagi penggemar cincau hitam.

Gizi Rendah
Daun janggelan (bahan utama cincau hitam) mengandung nilai gizi yang cukup baik per 100 gramnya, terutama jika ditinjau dari kandungan mineral dan vitaminnya. Namun, cincau hitam (produk jadi) merupakan bahan makanan yang sangat minim kandungan gizinya. Kandungan terbesar adalah air, hampir mencapai 98 persen. Mengingat dalam proses pembuatannya ditambahkan mineral dan pati, cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat dalam jumlah lumayan.

Dengan alasan tersebut, banyak orang yang menggunakan cincau hitam sebagai makanan rendah energi untuk tujuan diet, baik karena alasan kesehatan maupun untuk keperluan melangsingkan tubuh. Cincau dapat dimakan dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir menjadi gemuk.

Hal ini dibenarkan juga oleh Budi Sugiarto Widjaja, MD, pakar herbal di Jakarta. Menurutnya, sumbangan gizi cincau ini sangat kecil, namun sumbangan gizinya akan semakin berarti jika cincau hitam tersebut disajikan bersama-sama dengan sirop, irisan kelapa muda, potongan aneka buah, tape singkong, dan lain-lain. Tapi untuk orang diet agar langsing, tentu saja tak perlu tambahan-tambahan itu.

“Meski terlihat sepele, namun jika orang itu sadar akan manfaatnya, maka cincau itu sangat baik untuk proses diet. Biasanya wanita itu sangat repot bila sudah mengikuti program diet, karena terbiasa perut dalam keadaan kenyang, bila diet perut dalam keadaan kosong. Nah, fungsi cincau yang sudah menajdi gel inilah yang bisa menggantikan makanan yang biasa dikonsumsi. Perut tetap terisi, namun tidak akan bisa gemuk,” ujarnya pada posmo.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Cincau Hitam Cocok untuk Pelangsing

  1. Rina Sofyar berkata:

    dimana ya cari daun cincau hitam ?

  2. marhaendra berkata:

    kemana bisa jual cincau hitam kering? daun harganya berapa? ranting?

  3. oya berkata:

    -dimana untuk cari dain cincau hitam ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s