PEMBUATAN CINCAU BUBUK

Cincau merupakan bahan makanan tradisional yang telah lama dikenal masyarakat dan digunakan sebagai isi minuman segar. Cincau disenangi karena berasa khas, segar dan dingin serta harganya murah. Umumnya masyarakat membuat cincau secara tradisional yang bersifat turun-temurun, yaitu dengan meremas-remas daun cincau segar dalam air dingin dengan perbandingan tertentu, disaring dan didiamkan selama 1 jam.

Cara tradisional tersebut menyebabkan pembuatan dan kegunaan cincau sangat terbatas, juga kualitas gel cincau yang dihasilkan beragam (tidak tetap). Sejalan makin meningkatnya kondisi masyarakat yang menuntut semua serba cepat dan praktis, pembuatan gel cincau secara tradisional tidak tepat lagi. Pembuatan bubuk cincau merupakan suatu alternatif untuk memenuhi tuntutan di atas. Bubuk cincau bersifat lebih awet, ringkas, ringan, dapat dikemas dan dalam pembuatannya tinggal diseduh dengan air. Disamping itu memungkinkan untuk diadakan standarisasi mutu sehingga lebih jauh nantinya dapat menjadi komoditi ekspor non migas.

Pembuatan Gel Cincau Cara Tradisional
Produk cincau yang dikenal di pasaran terdiri atas dua jenis, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Pembuatan cincau hijau lebih mudah dan praktis, karena pembentukan gelnya tidak memerlukan pemanasan lebih dahulu seperti pada cincau hitam.
Pada pembuatannya, daun cincau segar yang sudah dipilih sebanyak 1.5 kg direndam dalam air mendidih selama 2 menit. Perendaman dimaksudkan untuk melayukan daun sehingga memudahkan ekstraksi dan menghilangkan getah daun. Jumlah air yang digunakan untuk ekstraksi sebanyak 34 liter.

Untuk mengeraskan tekstur gel, dalam air pengekstrak dicampurkan bubuk batu karang. Sebelum proses ekstraksi daun lebih dulu dicuci dengan air dingin untuk menurunkan suhu daun yang akan diekstrak. Jika daun cincau terkena suhu tinggi terlalu lama, gel cincau yang dihasilkan kurang baik karena terjadi proses kimiawi dalam daun yang merubah srtruktur polimer pembentuk gel.
Ekstraksi dilakukan dengan cara peremasan dan penyaringan dalam dua tahap untuk memperoleh gel dengan kekerasan atau tekstur yang baik. Tiap tahap peremasan dilakukan selama 2 menit, karena kalau terlalu lama akan menghasilkan gel dengan kekerasan yang tidak merata. Gel terbentuk sekitar 1 jam setelah penyaringan. Dari jumlah daun dan air di atas akan dihasilkan berat gel cincau sekitar 20 – 21 kg. Gel yang terjadi dapat tahan 10 jam, tanpa mengalami kerusakan yang berarti dan masih layak dikonsumsi, dalam keadaan dibiarkan diudara terbuka.

Bubuk Cincau
Pembuatan bubuk cincau diawali dengan mencuci daun cincau segar dengan air dingin, kemudian dikeringkan dengan oven 50° C selama 18 jam atau dijemur dari jam 08.00 sampai 15.00 selama tiga hari (total 21 jam). Kemudian daun yang sudah kering tersebut digiling dan diayak dengan ayakan berdiameter 0.5 milimeter.
Jika kan dibuat gel cincau, bubuk cincau dimasukkan ke dalam kantung kain yang berfungsi sebagai penyaring, kemudian ditambah air, diekstrak dengan cara pengadukan selama 2.5 menit lalu diperas. Air yang digunakan ialah air yang telah dimasak dan didinginkan sampai suhu kamar.

Untuk memperbaiki mutu gel cincau dapat ditambahkan bahan pengikat, antara lain pati, agar dan Ca SO. Menurut hasil penelitian Astuti (1985) penggunaan pati dengan konsentrat 0.1 persen dari air pengekstrak; atau penambahan agar 0.02 persen dari air pengekstrak; atau penambahan CaSO4
dengan konsentrasi 0.05 persen dari bubuk daun cincau kering akan menghasilkan gel yang baik; baik untuk bubuk daun cincau kering jemur maupun kering oven.

Oleh : Ir. Sutrisno Koswara

24 Balasan ke PEMBUATAN CINCAU BUBUK

  1. Hanny berkata:

    Dimana saya bisa beli bubuk cincau hitam ?

  2. olis berkata:

    bagaimana prospek pembuatan bubuk cincau dalam skala besar?

  3. achmad ghozi berkata:

    saya seorang penebas daun cingcau dari petani apa anda mau membeli dalam skala besar atau kecil kira2 dibeli berapa langsung kirim ketempat. balas lewat sms ghozi, 081330425439

  4. agus berkata:

    saya adalah pedagang es camcau, selama ini cara bikin saya secara tradisional, jadi memerlukan waktu lama apalagi gerobak saya banyak. yang saya tanyakan saya pingin diajari bagaimana caranya membuat bubuk cincau dan dimana belinya alat yang namanya Grinder/Mill tersebut.

  5. Dewi berkata:

    Saya tertarik dengan produk bubuk cincau. Apakah saat ini sudah ada yang memproduksi bubuk cincau dalam skala besar?
    Mohon infonya, saya rasa ini usaha yg baik untuk dikembangkan.
    Trims.

  6. uut berkata:

    apakah yang dimaksud bubuk batu karang itu trawas? saya penjual es cincau,selama ini saya bikin cincau sendiri selalu gagal,bau daun terlalu menyengat,untuk jualan saya beli langsung jadi,saya ingin bikin sendiri agar hemat waktu dan biaya mohon infonya,terimakasih.

  7. nuryanto berkata:

    apa nama pasaran CaSO4, dimana bisa dibeli…?

  8. ardiansyah berkata:

    saya tertarik dengan cincau..tapi kendalanya selain daun nya yg sulit, cincau dalam 2 hari itu cair lg.ad solusi..mohon infoNya pak! u

  9. deny berkata:

    saya berminat utk bisnis cincau, bole saya tau bagaimana cara membuat & cara ordernya( jangka waktu pengiriman, harga & minimal order) atau saya dikasih samplenya krn saya benar2 belum tahu bagaimana bentuk & cara buatnya). Tq

    • agus berkata:

      kalau alamat saudara di JATIM mungkin saya bisa bantu cara bikin Cincau sekalian menyupai daunnya.

      • ashar wibisono berkata:

        alamatnya saya di sidoarjo, apakah bisa bany=tu cara bikin cimcam
        kalo boleh tahu, alamat anda dimana
        terima kasih
        no telpon saya 03172615626 dan 08175281881

      • meila berkata:

        mas agus apakah bs menyuplai daun cincau hijau???kira2 berapa per kg???no telp saya 03191993894

  10. abie berkata:

    saya penjual es camcau hijau,saya bikin slalu bagus jarang gagal,,,,dengan memperhitungkan kandungan serat dalam daun,,yg saya mw tanyakan bisa g camcau hijau d kringkan,,,saya pernah coba tapi hasil nihil,,,,g ada serat yg bisa d peras.
    neh yg paling saya bingung,,, AIR,,,
    kenapa air yg ada d jawa barat n jawa tengah berbeda kandungan,,,

  11. Untung Widodo berkata:

    saya tertarik dng cincau,tlng untuk daerah Sidoarjo ada Agen penjual daun cincau klau ada tlng hub saya di 081331502551. Trim

  12. sri iswati berkata:

    Tolong saya tanya bubuk batu karang itu apa dan belinya dimana? untuk proses pengeringan cincao hijau dan hitam apa bisa dengan oven biasa/ oven roti ?Kalau pembuatan cincau bubuk dengan cara mengeringkan daun kemudian digiling bagaimana ? apa bisa ? makasih sebelumnya atas jawaban dan informasinya?

  13. ervan berkata:

    pak untuk biaya produksi cincau kering apakah lebih hemat, coba mohon dijelaskan..

  14. suroto berkata:

    bgaimana cara saya bisa pesan cincau bubuk?

  15. jiman berkata:

    sharing:lok kita buat chinco hijau terus campur pewarna itu bahaya nggak.soalnya pewarna makanan kurang cocok lok di campur dengan chincho..terima kasih.salam sukses
    NB:083869959399

  16. buk min berkata:

    hallo saya pengintau cara pengeringan cincau/ janggelan yg bagus gmna? n gmna cara mengetahui kwlitas yg baik. dan tidak? trim,s

  17. prioadi ahmad berkata:

    Bahan baku cincau kalau dipakai untuk bahan tambahan produk lain, penghitaman dan pengentalan gula aren, bisa ndak? prioadi_ahmad@yahoo.co.id

  18. markus berkata:

    saya PKL d semarang.
    saya berniat ingin jualan es cincau tp saya belm tau beli daunya dmna mhon d bri infonya
    trimksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s